^ke atas


0295 - 385877
pasfmpati@gmail.com

Radio PASFM Pati

Saluran Informasi Warga Pati - Jawa Tengah

Berita BBC
Berita BBC

Jumlah Pengunjung

Hari ini 376

Kemarin 839

Minggu ini 2655

Bulan ini 1215

Total 328720

KPU KABUPATEN PATI VERIFIKASI KELENGKAPAN CALEG YANG BMS DALAM DCS

Bagikan
FaceBook  Twitter

pasfmpati.com (Pati, Kota) -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati,  masih melakukan verifikasi berkas kelengkapan caleg yang dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS) dalam Daftar Caleg Sementara (DCS). 

Hingga saat ini KPU Kabupaten Pati terus memverifikasi berkas kelengkapan 20 caleg yang belum memenuhi syarat (BMS), saat diumumkan dalam Daftar Caleg Sementara (DCS).  Tahap verifikasi ini, akan dilakukan mulai 2 sampai 9 Agustus 2013.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Pati,  Ahmad Jukari, dari 20 caleg yang BMS dalam DCS lalu, 17 caleg diantaranya telah menyerahkan kelengkapan pencalegannya ke penyelenggara Pemilu, 11 caleg diantaranya anggota dewan, yang dicalegan oleh  parpol lain.

“Seperti yang saya  sampaikan, ada yang sudah menyerahkan surat keterangan sudah diproses pengunduran dirinya, ada yang diganti dengan caleg yang lain,  dan ada juga yang tidak dilakukan perbaikan maupun pergantian,” katanya.

Ahmad Jukari menambahkan, tiga caleg yang dalam DCS masih dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS), semuanya Kepala Desa.  Seorang caleg tidak menyerahkan kelengkapan pencalegannya, dan tidak ada penggantian oleh parpol. Sedang dua caleg oleh parpolnya, dilakukan penggantian oleh calon lainnya.   

“Untuk tahap verifikasi ini, akan dilakukan selama tujuh hari,” jelasnya.

Caleg-caleg tersebut dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS) saat pengumuman DCS oleh KPU Kabupaten Pati, karena belum menyerahkan surat keterangan pengunduran disi sebagai anggota dewan/Kepala Desa atau Perangkat Desa. Atau surat keterangan proses pengunduran diri mereka masih dalam proses.

Menyinggung tentang putusan Mahkamah Konstitusi RI, Mahkamah Konstitusi (MK), yang mengabulkan Permohonan para Pemohon untuk sebagian, yakni pasal 16 ayat (3) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik , KPU Kabupaten Pati, masih menunggu petunjuk teknis dari KPU Pusat.(*) 

Web Resmi Radio PASFM Pati